Apa itu Google Adwords? Kembangkan Bisnismu Dengan Yang Satu Ini!

apa itu google adwords?

Dyanfahrur.com – Sebelum kita membahas apa sih google adwords itu, saya akan sedikit curhat tentang zaman sekarang ini yang mana semakin modern. Banyak sekali perubahan yang terjadi, mulai dari teknologi, gaya hidup (contohnya: anak kecil udah pada punya Smartphone, beli motor racing, dll), hingga cara memenuhi kebutuhan juga beragam. Hal ini disesuaikan dengan kemajuan zaman. Kalau dulu mencari uang atau penghasilan dengan cara konvensional atau langsung turun ke lapangan seperti bertani, berjualan yang mana harus memasarkannya ke pasar atau sejenisnya dan sebagainya, namun kini anda bisa mendapatkan penghasilan melalui teknologi internet.

Ya, memang sejak internet semakin berkembang, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari internet ini. Selain mempermudah komunikasi antara satu orang dengan yang lainnya, internet pada saat ini juga dimanfaatkan sebagai ladang mencari penghasilan. Dulu waktu saya masih smp, masih ingat sekali jaman-jaman mulai ngeblog dan sudah banyak orang-orang yang mencari penghasilan dari internet. Ada yang bermain PPC (Pay Per Click, HYIP, article writing, dan jasa pasang banner ddi blog). Dan akhir – akhir ini banyak orang yang berjualan atau mencoba bisnis melalui jaringan internet atau online atau istilahnya ialah Bisnis Online. Banyak fasilitas yang tersedia di internet untuk bisa memberi manfaat usaha anda di dunia maya, salah satunya adalah Google adwords.

 

cara kerja google adwords
Cara kerja Google Adwords (Search)

 

Apa itu Google Adword? Seberapa pentingkah peran Google adwords untuk usaha kita di dunia maya ? Google adwords ialah sebuah media iklan yang bertujuan untuk memasarkan produk kita yang menggunakan Google search engine atau mesin pencarian Google dan platform platform yang bekerja sama dengan Google. Google adwords juga bisa diartikan sebagai pemasaran yang menggunakan sistem pencarian. Dalam dunia bisnis internet marketing, periklanan merupakan salah satu cara untuk mencari konsumen.

 

digital indonesia 2016
Fakta Pengguna Digital Indonesia 2016

 

Faktanya, di indonesia terdapat lebih dari 85 juta pengguna internet aktif dari total populasi 250 juta lebih. Dari sekian jumlah pengguna internet tersebut, 96 % memakai mesin pencarian Google untuk mencari apa yang mereka inginkan. Oleh karena itu, Google adwords sangat cocok sekali untuk mendukung perkembangan usaha anda di dunia internet. Dengan memakai iklan Google adwords, informasi mengenai bisnis anda akan terletak di halaman satu Google. Dengan demikian, bisnis anda akan mudah dilihat oleh pengguna internet.

 

adwords vs seo
Hayo Mau Pake Iklan atau SEO? Semua tetep nongol di halaman 1 kok 😀

 

Sebenarnya banyak cara yang bisa digunakan untuk berada di halaman pertama  Google, salah satunya ialah menggunakan SEO (Search Engine Optimation). Penggunaan SEO ini berdasarkan kata kunci yang sering diketikkan oleh para pengguna internet yang memakai Goole sebagai search engine. Semakin sering kata kunci tersebut diketikkan, maka semakin besar peluang untuk bisa berada di halaman pertama Google. Selain belajar tentang kata kunci, ada beberapa faktor yang bisa menaikkan rating bisnis di halaman satu Google, seperti strategi bidding, memaksimalkan Quality Score dan lain sebagainya. Latas bagaimana bila kita ingin berada di halaman satu Google tapi tidak mengetahu cara-cara tersebut ? bagi anda yang tidak ingin repot dengan cara-cara tersebut, anda bisa menggunakan jasa periklanan Google Adwords.

 

cpm vs cpc vs cpl
sistem Google Adwords

 

Dalam Google Adwords, ada dua macam beriklan. Yang pertama ialah menggunakan sistem Pay Per Million (PPM). Sistem ini mewajibkan para pengiklan membayar produk yang telah diiklankan di Google dengan dasar jumlah tayangnya iklan tersebut. standard untuk PPM adalah per 1000 tayang. atau sistem Google Adwords yang kedua ialah Pay Per Click (PPC). Sistem ini mewajibkan kamu para pengiklan membayar sesuai dengan klik dari produk tersebut. meskipun muncul di halaman satu Google tapi tidak di Klik, maka pengiklan tidak dikenakan biaya penayangan iklan tersebut. atau Juga sistem Google Adwords yang ketiga ialah Pay Per Lead (PPL). Yang mana kamu baru membayar iklan jika tujuan iklan kamu tercapai. Contoh : jika kamu ingin beriklan untuk mendapatkan pendaftar, pembeli, subscribe email. Dan masih banyak lagi. Akan saya bahas di artikel selanjutnya. Sekarang, anda pilih cara yang mana? Segera kembangkan usaha anda melalui Google Adwords.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *